MIOPI ( Rabun Jauh)
02.18 | Author: Unknown

*     PENGERTIAN MIOPI
Rabun jauh adalah sebuah kerusakan refraktif mata yang mengakibatkan seseorang tidak dapat melihat benda pada jarak jauh. Titik jauh penderita rabun jauh akan berkurang, tidak lagi tak berhingga tapi mencapai jarak tertentu. Penderita rabun jauh tetap dapat melihat dekat dengan baik pada titik dekatnya.


*     PENYEBAB MIOPI
Mata miopi disebabkan karena keadaan fisik lensa mata yang terlalu cembung atau tidak dapat memipih seoptimal mungkin. Sehingga bayangan yang dibentuk lensa mata jatuh jauh di depan retina.
Gangguan ini juga dapat terjadi karena bola mata yang terlalu panjang atau karena kelengkungan kornea yang terlalu besar , sehingga cahaya yang masuk tidak difokuskan secara baik dan objek jauh tampak buram.
Terjadinya miopi lebih dipengaruhi oleh bagaimana seseorang menggunakan penglihatannya, dalam hal ini seseorang yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer atau seseorang yang menghabiskan banyak waktunya dengan membaca tanpa istirahat akan lebih besar kemungkinannya untuk menderita miopi.
Keadaan pseudo-miopi atau miopi palsu disebabkan ketegangan mata karena melakukan kerja jarak dekat dalam waktu yang lama. Penglihatan mata akan pulih setelah mata diistirahatkan.

*     PENGOBATAN MIOPI
Gangguan penglihatan ini dapat dibantu dengan kacamata berlensa cekung (negative),  yang berfungsi untuk menyerbarkan sinar sebelum masuk ke mata sehingga akan terbentuk bayangan tepat di retina. Beberapa tindakan bedah juga dapat dilakukan seperti Photorefractive Keratectomy (PRK) atau Laser Assisted In-Situ Keratomileusis (LASIK). Dapat juga dilakukan Orthokeratologi atau terapi penglihatan (Vision Therapy).
|
This entry was posted on 02.18 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: